4 Februari 2011

Bagaimana mendapatkan master installer Ubuntu?

Jawabannya sangat mudah tentunya, akses www.ubuntu.com situs resmi developer Ubuntu. Disitus ini ada dua alternative pilihan yang dapat digunakan untuk memperoleh installer Ubuntu yaitu dengan cara download file ISO atau pesan CD Ubuntu Gratisan (Shipit), berikut penjelasan kedua cara tersebut.

1.Download file ISO Ubuntu
Pada umumnya master distro GNU/Linux disediakan dalam format ISO file yang merupakan format terkompresi dalam bentuk image file. Khusus untuk Ubuntu dapat didownload di http://ubuntu.com/download. file ISO yang disediakan dikategorikan dalam beberapa bagian yaitu:
a. Ubuntu desktop
Diperuntukkan untuk komputer-komputer desktop termasuk laptop dan sejenisnya kecuali netbook. Dalam keadaan terpaksapun sebenarnnya jenis desktop bisa berjalan dengan baik di

netbook. Dibutuhkan memory dengan kapasitas minimal 256MB untuk menginstall versi ini, agar berjalan dengan baik dari pengalaman penulis sebaiknya memory diatas 512MB.
Setiap versi Ubuntu Desktop dapat dibagi dalam dua kategori berdasarkan jenis microprocessor yaitu:
• Ubuntu Desktop 32-bit
Jika anda menggunakan microprocessor keluaran intel maka jenis ini yang harus anda download. Ubuntu Desktop 32-bit biasa juga disebut X86 atau i386 dimana i merujuk ke code name intel. Jenis ini juga digunakan untuk AMD 32 bit.
• Ubuntu Desktop 64-bit
Jika anda menggunakan microprocessor keluaran AMD 64 bit pastikan mendownload jenis ini. Berlaku juga untuk jenis arsitektur EM64T seperti Athlon64, Optreron, EM64T Xeon dan Core 2.
b. Ubuntu Server
Diperuntukkan bagi komputer-komputer kelas server dan tanpa dukungan terhadap lingkungan Grafival User Interface (GUI) secara default. Ubuntu server hadir dengan lingkungan Command Line Interface (CLI) secara default. Jika anda telah menginstall Ubuntu Server jangan lagi mencari tampilan grafis. Jenis ini tersedia dalam dua kategori seperti diversi Ubuntu Desktop yaitu Ubuntu Server 32-bit dan Ubuntu Server 64-bit.
c. Ubuntu Alternate
JIka anda memiliki memory dibawah 256MB dengan spesifikasi hardware yang pas-pasan sebaiknya menggunakan Ubuntu Alternate sebagai solusi karena proses instalasi disajikan dalam metode text menu. Selain itu dengan CD Alternate , upgrade versi Ubuntu dapat dilakukan tanpa perlu ada koneksi internet ke server Ubuntu. Jenis ini tersedia dalam dua kategori seperti diversi Ubuntu lainnya yaitu Ubuntu Alternate 32-bit dan Ubuntu Alternate 64-bit.
d. Ubuntu Netbook
Diperuntukkan untuk netbook yang tersedia dua versi :
• Netbook Live CD
Jika anda memiliki external CD drive untuk digunakan live cd/install. Tidak ada perbedaan versi untuk jenis ini karena sudah mendukung intel/amd dan jenis lainnya.
• Netbook Live image
Tersedia untuk Platforms ARM ya ng terdiri atas :
- Marvell Dove netbook live image
- Freescale i.MX51 netbook live image
Kedua jenis ini hanya mendukung booting dengan USB image.
Kesalahan umum yang terjadi ketika seorang pemula yang telah mendownload salah satu file ISO yaitu CD Ubuntu yang telah diburn tidak dapat melakukan proses booting karena file ISO diburn sebagai file data yang seharusnya harus diburn sebagai image file.
Perhatian buat pemula,file ISO yang telah didownload harus diburn sebagai image.
Jika bandwidth internet yang anda miliki pas-pasan sebaiknya download server yang berlokasi di Indonesia. Berikut daftar-daftar yang kami rekomendasikan :

  •  FOSS-ID dengan url di ftp://dl2.foss-id.web.id/iso/ubuntu/releases
  •  KAMBING.ui.ac.id dengan url di ftp://kambing .ui.ac.id/iso/ubuntu/releases
  •  Repo UGM dengan url di ftp://repo.ugm.ac.id/iso/ubuntu
2. Pesan CD Ubuntu Gratisan (Shipit)
Cara ini membutuhkan waktu karena dikirim langsung dari luar negeri. Gunakan fasilitas request free CDs ( Shipit ) yang ada di website ubuntu.com dengan url https://shipit.ubuntu.com.
Selain cara diatas ada beberapa alternative pilihan yaitu dengan cara membeli master Ubuntu dari penyedia jasa yang disediakan oleh pihak ketiga, salah satunya bisa disorder di www.okusikomputersupport.com.

1 komentar: