June 12, 2011

Mengenal Processor Core i7

A. Sekilas Tentang Processor Intel i7

Saat pertama kali memperkenalkan Nehalem, Paul Otellini, Chief Executive Officer Intel Corporation mengatakan, "Nehalem adalah arsitektur yang diharapkan dapat memperkuat jajaran mikroarsitektur Intel Core, meningkatkan performa secara signifikan, penghematan energy lebih baik, dan kemampuan untuk menghadirkan fitur server di desktop, sejalan dengan kemampuan Intel untuk memimpin pasar dengan teknologi 45nm".
Tepatnya tanggal 20 November 2008 di Jakarta, Intel melalui perwakilannya di Indonesia memperkenalkan keluarga prosesor terbarunya. Prosesor ini diklaim Intel sebagai prosesor tercepat di bumi. Prosesor dengan kode nama Nehalem dan diberi nama Intel Core i7 ini merupakan penerus Intel Core Microarchitecture. Ia ditujukan untuk pangsa pasar desktop kelas high-end. Prosesor ini oleh Intel dianggap sebagai perubahan terbesar abad ini dalam bidang arsitektur prosesor. Prosesor Intel Core I7 dibuat dengan desain mikroarsitektur yang baru dan efisien dalam penggunaan energi.
Intel Core i7 sudah tidak lagi menggunakan LGA775 dan digantikan dengan LGA1366. Soket ini mulai dihadirkan pada motherboard dengan chipset Intel X58 Express yang mulai banyak beredar. Dari fisiknya, soket ini memang berukuran lebih besar disbanding LGA775, oleh karena itu heat sink fan pendukungnya pun harus sesuai, tidak bisa menggunakan heat sink fan LGA775.
Intel baru menghadirkan 3 jenis prosesor Nehalem, yaitu prosesor Core i7 Extreme Edition i7-965 dengan kecepatan 3,2 GHz, prosesor Core i7-940 yang berkecepatan 2,93 GHz, dan prosesor i7 i7-920 dengan kecepatan 2,66 GHz.
"Nama Intel Core i7 akan menjadi merk prosesor PC yang baru dari kami. Sedangkan merk Core merupakan andalan kami untuk pemasaran PC di masa depan. Nama i7 sendiri tidak memiliki hubungan langsung dengan NetBurst (Pentium 4) yang menjadi arsitektur generasi ke tujuh Intel. Kami menggunakan nama i7 karena simple dan mudah diingat" kata Sean Maloney, Executive Vice President dan Chief Sales and Marketing Officer Intel Corporation. Intel Core i7 merupakan salah satu dari sejumlah prosesor buatan Intel yang memiliki arsitektur yang baru dibandingkan generasi sebelumnya. Prosesor ini diciptakan masih menggunakan transistor bermaterial hafnium dioxide (high-K) serta bermetal gate dengan fabrikasi 45nm. Dengan kata lain sama dengan yang digunakan Penryn, generasi sebelumnya.

Sedikit menyegarkan ingatan, material hafnium dioxide (high-K) dapat menekan kebocoran arus. Hafnium dioxide diperkenalkan saat Intel merilis prosesor 45nm, Penryn, seperti Core 2 Duo "Wolfdale" dan Core 2 Quad "Yorkfield". Bahkan Budi Wahyu Jati, Country Manager Intel Indonesia mengatakan bahwa, "Bahan ini pernah diusulkan untuk mendapatkan penghargaan Nobel karena menggunakan bahan material baru dalam membuat chip komputer."

Karena masih menggunakan material yang telah digunakan pada generasi sebelumnya, dimana letak keunggulan Nehalem?. Meski Penryn mengunakan fabrikasi 45nm, namun desain yang digunakan mirip dengan desain prosesor generasi sebelumnya yang memanfaatkan 65nm. Peningkatan yang ada pada Penryn lebih pada fabrikasi 45nm beserta materialnya. Dalam hal kinerja per clock, Penryn tidak memberikan peningkatan yang jauh, meski dari segi core clock bisa lebih ditingkatkan. Nehalem sendiri merupakan suatu prosesor yang menggunakan desain baru, walaupun tetap menggunakan fabrikasi 45nm beserta material yang sama.

Hal ini sejalan dengan kebijaksanaan Intel yang menganut "tick-tock". Tick berarti teknologi proses yang baru (45nm beserta materialnya), sementara tock berarti mikro arsitektur baru (Nehalem). Saat ini, Nehalem memiliki 4 inti, namun nantinya ia akan memiliki inti yang lebih banyak lagi. Memang prosesor dengan 4 inti alias quad core bukanlah barang baru. Meskipun begitu, selama ini Intel memproduksi prosesor quad core-nya menggunakan teknik menggabungkan dua buah dual core pada satu kemasan. Nehalem yang telah diluncurkan Intel, keempat intinya terletak pada satu die. Dengan kata lain Nehalem tersebut merupakan native quad core processor atias benar benar 4 inti.
Dengan arsitektur baru, Intel Core i7 diklaim mampu meningkatkan kemampuan komputasi hingga 40% tanpa memerlukan energy tambahan. Hal ini jelas menjadi nilai tambah, mengingat penghematan energy merupakan salah satu hal penting yang sedang digalakkan.

Budi Wahyu Jati menambahkan, bila dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat yang lebih cenderung membutuhkan komputernya untuk komunikasi, menonton video, dan sebagainya, prosesor ini memang terasa terlalu tinggi. Namun, pemakaian Intel Core I7 akan membuka kesempatan terciptanya aplikasi-aplikasi kreatif yang lebih canggih. Pemakaian Intel Core i7 sementara ini lebih ditujukan bagi Industri kreatif seperti film, video editing, video game, serta aplikasi ekstrim lainnya (PCplus, 325).

B. Penjelasan Mengenai Intel Core i7
Ada beberapa teknologi yang membuatnya sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, seperti Core 2 Quad. Walau sama-sama mengusung teknologi Core, tapi Intel merombak total arsitektur prosesor ini, yang ditunjukkan antara lain :
1. Mengintegrasikan memory Controller langsung didalam prosesor. Sebelum memory Controller terletak pada chipset Motherboard (MCH). Dengan memory controller langsung didalam prosesor, maka transfer data antara prosesor dan RAM akan meningkat secara signifikan.
2. Menghilangkan fungsi FSB (Front Side Bus). Fungsi FSB digantikan dengan QPI (Quick Path Interconnect) yang menghubungkan sistem prosesor dan I/O Hub di chipset Motherboard.
3. Menambahkan fungsi L3 cache, yang sebelumnya hanya dikenal pada Prosesor Server.
4. Menggunakan sistem Smart Cache dengan share total. Dengan sistem ini, maka share cache memory akan semakin besar dan efektif karena bisa digunakan dengan kapasitas penuh.
5. Menggunakan teknologi Hyperthreading (HT) yang dulunya dikenal pada Pentium 4. Teknologi HT yang dipadukan dengan Core, akan menghasilkan prosesor dengan 4 Core 8-threads. Secara umum sistem akan mengenali Core i7 sebagai prosesor 8 core (4 core riil, 4 core virtual dengan HT).
Intinya, prosesor Core i7 sudah tidak bisa menggunakan sistem Motherboard lama. Saat ini Intel telah merilis chipset motherboard baru dengan nama X58 (yang mendukung Core i7). Motherboard yang telah beredar adalah tipe DX58SO.




Perbedaan fisik prosesor Core i7 dengan generasi sebelumnya :
1. Menggunakan socket LGA1366 (Prosesor sebelumnya menggunakan LGA775).
2. Menggunakan L3 Cache 8 MB (Prosesor sebelumnya menggunakan L2 Cache).
3. Menggunakan teknologi memory 3-channel (Prosesor sebelumnya menggunakan dual-channel).
4. Mengadopsi teknologi RAM DDR3 (prosesor sebelumnya menggunakan DDR2 saja).

Persamaan prosesor Core i7 dengan generasi sebelumnya :
1. Sama-sama menggunakan 4 core (Quad Core).
2. Sama-sama menggunakan manufacture 45-nm.

Beberapa fitur pada prosesor Core i7 :
1. Intel® Hyper-Threading Technology (HT)
Sebelumnya teknologi HT sudah dikenal pada era Pentium 4. HT merupakan teknologi yang membuat thread (aliran data) pada prosesor meningkat dua kali lipat, sehingga membuat pekerjaan multitasking akan semakin ringan. Ini seolah-olah prosesor memiliki core tambahan secara virtual. Dengan HT, maka setiap core memiliki dua threads (dua aliran data) hingga secara total sebuah prosesor core i7 dikenali sebagai prosesor 8 core.
2. Intel® Turbo Boost Technology
Dengan fitur ini maka core prosesor secara otomatis meningkatkan frekuensi clock-speed jika diperlukan, asal masih dibawah limit power, arus dan suhu temperatur yang diizinkan.
Sebagai contoh : pada saat user menggunakan satu aplikasi kelas berat yang membutuhkan speed tinggi (seperti Game), maka Turbo Boost akan mengaktifkan fiturnya agar dicapai speed maksimal secara dinamis sehingga aplikasi dapat dijalankan dengan nyaman.

1. 1. Intel® Quick Path Interconnect
Pada dasarnya QPI berfungsi sama dengan FSB, tapi dengan pendekatan yang lebih baik. Pada FSB, jalur yang dihubungkan adalah transfer data antar prosesor dan Memory Controller Hub (MCH), maka pada QPI yang dihubungkan adalah prosesor dengan IOH (Input/Output Hub). IOH sendiri pengganti MCH pada sistem Coer i7.
1. 2. Integrated Memory Controller
Seperti yang telah diterangkan diatas, sistem Core i7 telah mengintegrasikan Memory Controller didalam sistem prosesornya, sehingga meningkatkan kemampuan transfer data secara signifikan.
1. 3. 8M Shared Intel® Smart Cache
Menggunakan L3 Cache memory sebesar 8 MB total, sehingga membuat akses data semakin efisien dan cepat. Pada sistem sebelumnya, cache pada Core 2 Quad dipecah menjadi dua (masing-masing melayani 2 core, bukan 4 core secara langsung) sehingga penggunaan kapasitas cache terbatas.

C. Spesifikasi 
Core i7 pertama dirilis dengan kode nama (codename) Bloomfield, dicap sebagai Core i7-9xx bersama dengan produk Xeon 3500-series. Pada tahun 2009 high-end Intel Desktop prosesor membagi socket 1366 menjadi dua bagian yaitu prosesor server dan dual-prosesor tunggal.
Lynnfield adalah prosesor kedua dibawah merk Core i7, dimana pada saat yang bersamaan Core i5 berada pada posisi yang sama dengan Lynnfield. Tidak seperti Bloomfield, Lynnfield tidak memiliki interface QPI tetapi langsung terhubung ke shouthbridge menggunakan interface Direct Media 2.5 GT/s dan peralatan lainnya yang menggunakan soket PCI Express terhubung langsung ke soket 1156. Prosesor Core i7 dibangun berdasarkan teknologi Hyper-Threading Lynnfield, yang tidak dimiliki oleh prosesor Core i5.

Clarksfield adalah versi mobile dari prosesor Lynnfild yang juga tersedia dalam bentuk Core i7 Mobile yang merupakan bagian dari Calpella platform, yang dikeluarkan oleh Intel Developer Forum pada tanggal 23 September 2009. 
Merk kedua dari prosesor Mobile Core i7 adalah Arrandale, dijual bersamaan dengan prosesor Core i7-6xx tetapi memiliki fitur grafis yang terintegrasi dalam prosesor tersebut tetapi hanya memiliki 2 core setengah dari yang dimiliki Clarksfield. Clarkdale, adalah versi desktop dari Arrandale yang tidak dijual seperti Core i7 tetapi seperti Core i3 dan Cire i5. Semua produk diatas sudah memiliki teknologi Intel's Hyper Threading (HT).
Gulftown adalah versi paling extreme dari prosesor Core i7, memiliki fitur dianataranya , 6 core dengan 32 nm, danteknologi Hyper-Threading, 12 MB untuk cache nya, Turbo Boost dan Intel QuickPatch untuk koneksi antar busnya



1 comment: