November 1, 2018

Mengetahui tentang Teknologi 5G

Apa itu 5G?

Jaringan 5G adalah generasi terbaru dari konektivitas internet seluler, menawarkan kecepatan yang lebih cepat dan koneksi yang lebih andal pada smartphone dan perangkat lain daripada sebelumnya.

Dengan menggabungkan teknologi jaringan mutakhir dan penelitian paling mutakhir, 5G harus menawarkan koneksi yang lebih cepat daripada koneksi saat ini, dengan kecepatan unduh rata-rata sekitar 1GBps diharapkan segera menjadi kenyataan.

Dengan jaringan ini akan membantu meningkatkan teknologi “Internet of Things”, menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan untuk membawa data dalam jumlah besar, memungkinkan dunia yang lebih cerdas dan terhubung.

Dengan perkembangan yang berjalan dengan baik, jaringan 5G diharapkan diluncurkan di seluruh dunia pada tahun 2020, bekerja bersama teknologi 3G dan 4G yang ada untuk menyediakan koneksi cepat yang tetap online di mana pun Anda berada.

Manfaat jaringan 5G ?

  • Kecepatan unduh dan unggah lebih cepat
  • Streaming konten online yang lebih lancar  
  • Panggilan suara dan video berkualitas lebih tinggi  
  • Koneksi seluler yang lebih andal
  • Lebih banyak perangkat IoT yang terhubung  
  • Perluasan teknologi canggih - termasuk mobil self-driving dan Smart City

 Seberapa cepat 5G?

Masih belum diketahui seberapa cepat 5G akan lebih baik daripada 4G, karena banyak dari teknologi ini masih dalam pengembangan.

Dikatakan demikian, jaringan harus menyediakan peningkatan yang signifikan terhadap kecepatan unduh dan unggah saat ini - dengan GSMA mengusulkan kecepatan unduh minimum sekitar 1GBps.

Sebagian besar perkiraan mengharapkan kecepatan rata-rata jaringan 5G dapat mencapai 10 Gb / s, dan beberapa bahkan berpikir transfer rate bisa mencapai 800Gb / s.

Ini berarti bahwa pengguna dapat mengunduh film berkualitas HD dalam hitungan detik, dan bahwa mengunduh dan install peningkatan perangkat lunak akan diselesaikan jauh lebih cepat daripada hari ini.

 Ponsel seperti apakah yang bias menikmati jaringan 5G?

Smartphone yang ada, tablet atau perangkat lain yang dirilis ketika jaringan 4G mungkin tidak dapat terhubung ke 5G, atau mungkin dikenakan biaya tambahan untuk melakukannya.  

Bagaimanapun juga kita tetap menunggu saat peluncuran awal pada tahun 2020, spesifikasi seperti apa yang akan menjadi default untuk jaringan 5G.

Namun jangan khawatir - meskipun 5G harus mewakili langkah besar dari jaringan 4G dan 3G saat ini, teknologi baru ini tidak akan segera mengganti pendahulunya.

Sebagai gantinya, 5G harus terhubung dengan jaringan yang ada untuk memastikan pengguna tidak pernah kehilangan koneksi, dengan jaringan yang lebih lama bertindak sebagai cadangan di area yang tidak tercakup oleh cakupan 5G baru.

Jaringan yang disebut "4.5G" (juga dikenal sebagai LTE-A) diatur untuk mengisi kesenjangan untuk saat ini, menawarkan koneksi yang lebih cepat daripada jaringan 4G saat ini, meskipun hanya negara-negara tertentu seperti Korea Selatan yang dapat memanfaatkannya sekarang.

Setelah diluncurkan, penerapan 5G mungkin akan mengalami proses yang lebih lambat. Sama seperti pengambilalihan jaringan 4G secara bertahap dari generasi sebelumnya, infrastruktur jaringan yang ada mungkin perlu ditingkatkan atau bahkan diganti untuk menangani teknologi baru, dan perkantoran bisnis juga perlu menginstal layanan baru.

Belum diketahui bagaimana jaringan 5G akan mengambil alih dari jaringan yang ada, tetapi sekali lagi, seperti peluncuran 4G, Anda mungkin tidak dapat segera terhubung ke jaringan baru tanpa meningkatkan teknologi Anda.

No comments:

Post a Comment