28 Desember 2018

Daftar Ponsel yang akan menggunakan Teknologi 5G

Generasi ponsel 5G akan segera dirilis. Berikut adalah daftar (kemungkinan) dari beberapa produsen ternama.

Revolusi 5G hampir tiba di kita. Inilah saatnya untuk mengharapkan ponsel 5G super cepat dari pembuat ponsel papan atas.
Minggu lalu, Qualcomm memperkenalkan system on-chip (SoC) terbarunya untuk platform mobile, yakni Snapdragon 855 yang bakal mendukung konektivitas 5G lewat tambahan modem Snapdragon X50.  Gelombang awal penyebaran 5G terbesar kemungkinan akan terjadi pada 2019 dan 2020, dan operator di mana-mana meletakkan landasan untuk meluncurkan jaringan nirkabel yang lebih cepat dan lebih luas.
Sumber Foto : idntimes.com

Meskipun benar bahwa banyak industri akan mendapat manfaat dari konektivitas yang lebih cepat - mobil self-driving, drone, virtual reality dan internet, untuk beberapa nama - kebanyakan orang kemungkinan akan merasakan manfaat dari jaringan 5G yang kuat hanya melalui 5G ponsel yang diaktifkan. Lagipula, janji besar yang Qualcomm dan operator buat dengan cakupan 5G tidak berarti banyak jika Anda tidak dapat mengakses jaringan dengan perangkat Anda sendiri.

Beberapa perusahaan, seperti Lenovo, telah merilis perangkat berkemampuan 5G. AT&T operator AS menjual router hotspot 5G dan Verizon meluncurkan broadband 5G di area tertentu. Sementara itu, perusahaan lain telah mengumumkan tujuan 5G tertentu.

Apple
Apple tidak terburu-buru untuk meluncurkan iPhone 5G - jangan berharap di 2019 atau bahkan 2020. Apple biasanya bukan pertama dalam tren seluler, lebih suka menyempurnakan teknologi yang muncul sebelum berkomitmen untuk itu. Ingatlah bahwa iPhone berada di belakang para pesaingnya dalam membuat ponsel dengan konektivitas 3G dan 4G LTE.

Samsung
Pada bulan Agustus 2018, Samsung mengatakan bahwa ia bekerja dengan perusahaan telekomunikasi Korea Selatan untuk merilis ponsel 5G pertamanya.

Sementara itu Samsung akan merilis beberapa ponsel 5G di AS juga. AT&T mengumumkan akan membawa dua ponsel 5G Samsung pada paruh kedua 2019. Verizon dan Sprint juga mengkonfirmasi mereka akan bermitra dengan pembuat ponsel untuk meluncurkan ponsel 5G pada tahun depan.

Google
Google belum mengungkapkan rencananya untuk 5G, dan perusahaan menolak untuk membalas permintaan komentar. Apa yang kita tahu adalah bahwa Verizon mengatakan berencana untuk meluncurkan jaringan 5G pada awal 2019, mirip dengan operator lain.

Apa hubungan sebenarnya dengan Google? Selama beberapa tahun terakhir, Google telah mengetuk Verizon sebagai mitra operator eksklusif untuk ponsel Pixel-nya, termasuk Pixel 3 yang baru, meskipun perusahaan juga menjual ponsel yang tidak terkunci atau pada jaringan Wi-Fi-first-nya, Google Fi.

Ini bisa berarti bahwa flagship Google berikutnya, mungkin disebut Pixel 4, bisa menjadi ponsel 5G. Jika tetap dengan jadwal peluncuran telepon yang biasa, Pixel 4 akan debut sekitar Oktober 2019 - baik setelah paruh pertama tahun ini.
LG
Pada bulan Agustus, LG mengkonfirmasi bahwa ponsel US 5G pertamanya akan debut di Sprint "pada paruh pertama tahun 2019," seperti halnya Sprint meluncurkan jaringan 5G-nya. (FYI, Sprint diperkirakan akan bergabung dengan T-Mobile segera - sebuah langkah yang analis kecepatan pembawa Ookla mengatakan "dapat menghasilkan jaringan yang tak tertandingi dalam menghadapi 5G.")

Lenovo / Motorola
Pada bulan Agustus 2018, Lenovo meluncurkan Motorola Moto Z3, ponsel yang memiliki tipe 5G. Ini hanya terhubung ke 5G dengan aksesori modular Mod Moto, yang melekat pada bagian belakang ponsel menggunakan pin magnetik. Dengan Mod, Motorola mengatakan ponsel akan mengirimkan data 10 kali lebih cepat daripada perangkat 4G LTE lainnya. Sayangnya, Mod seharusnya keluar awal tahun depan, dan kami tidak tahu berapa biayanya.

Sedangkan untuk ponsel Motorola yang tidak memerlukan aksesori untuk terhubung ke 5G, perusahaan sedang berupaya membuat perangkat seperti itu, tetapi Anda harus menunggu lebih lama. Doug Michau , direktur penjualan dan operasi teknis Motorola Mobility, mengatakan bahwa telepon akan datang lebih lambat dari awal 2019. Lebih khusus, Michau mengatakan akan diluncurkan dalam "pasti kurang dari tiga tahun, tetapi belum ada kerangka waktu."

Huawei
Selama Mobile World Congress Shanghai pada bulan Juni 2018, Huawei berjanji bahwa ponsel 5G pertamanya akan mulai dijual "sebelum akhir Juni 2019," setelah merilis modem dan prosesor 5G Kirin pertama pada Maret 2019. Seolah itu bukan berita yang cukup. , perusahaan mengkonfirmasi bahwa ponsel 5G akan memiliki layar yang dapat dilipat juga.
Tidak mungkin ponsel itu akan datang ke AS. Menyebut mereka sebagai ancaman keamanan bagi Departemen Pertahanan , pemerintah AS melarang penjualan ponsel Huawei dengan pangkalan militer AS. Pada bulan Maret, raksasa ritel Best Buy berhenti menjualnya dan CFO Huawei ditangkap di Kanada atas permintaan AS.
Namun itu tidak berarti akhir dari Huawei dan ambisi 5G-nya. "Produk dan solusi kami digunakan oleh operator besar, perusahaan Fortune 500 dan ratusan juta konsumen di lebih dari 170 negara di seluruh dunia," kata juru bicara Huawei awal tahun ini. "Kami telah mendapatkan kepercayaan dari mitra kami di seluruh rantai nilai global."

Nokia
Meskipun Nokia bukan raksasa ponsel seperti 15 tahun yang lalu, Nokia masih mengambil langkah menuju masa depan 5G. Pada bulan Juli, ia mengumumkan kemitraan $ 3,5 miliar dengan T-Mobile, yang termasuk mengambil keuntungan dari spektrum 600MHz T-Mobile untuk mendukung jaringan 5G-nya. Telepon 5G dari kemitraan ini diharapkan pada tahun 2019.

Nokia juga diuntungkan dari 5G dengan cara lain. Selain Qualcomm dan Ericsson, perusahaan ini memiliki hak paten untuk teknologi 5G, dan bernilai hingga $ 3,50 untuk setiap smartphone 5G yang terjual.

ZTE
Sementara masa depan ZTE di AS naik karena larangan baru-baru ini (sekarang dicabut) pada ponselnya karena perusahaan tersebut melanggar sanksi perdagangan, kita tahu bahwa perusahaan telepon Cina telah bekerja pada ponsel 5G.

Pada bulan Februari 2017, perusahaan mendemokan telepon Gigabitnya, yang mampu mendapatkan koneksi nirkabel 1 gigabit per detik (sekitar 50 kali lebih cepat daripada kecepatan seluler rata-rata di AS). Tapi ponsel itu dibawa ke pameran dagang MWC tahun itu sebagai cara untuk memuji kesiapan 5G ZTE - itu bukan ponsel yang sebenarnya tetapi lebih sebagai bukti konsep.

Pada MWC tahun ini, perusahaan itu mengatakan akan meluncurkan ponsel 5G pada akhir 2018 atau awal 2019, tetapi mengikutinya dengan prediksi "akhir 2019".

1 komentar: