3 Desember 2018

Deepin OS, memberikan pengalaman linux desktop lebih baik

Buat yang sering menggunakan OS linux tentunya tidak akan asing dengan Distro yang satu ini. Deepin 15.8, dirilis bulan lalu (November 2018), dimuat dengan tweak tata letak yang lebih efisien yang memberikan distribusi fungsi dan kedewasaan yang lebih besar.

Deepin , yang berbasis di Cina, melepas basis Ubuntu-nya ketika merilis versi 15 tahun 2015, yang lebih dikenal sebagai Debian Linux. Deepin membawa banyak perubahan ringan dalam basis kode dan root perangkat lunak. Ubuntu Linux sendiri berdasarkan pada Debian.

Faktor pembeda utama yang menyumbang popularitas Deepin tumbuh adalah Deepin Desktop Environment (DDE). Salah satu lingkungan desktop yang lebih modern, ini adalah salah satu distro Linux pertama yang memanfaatkan teknologi HTML 5.

Bertepatan dengan perubahan afiliasi dasar, pengembang, Deepin Technology, sedikit mengubah nama distro. Apa yang dimaksud dengan " Deepin Linux" sekarang adalah " deepin ." Rebranding sederhana ini adalah upaya untuk membedakan rilis sebelumnya bernama " Deepin ," "Linux Deepin " dan " Hiweed GNU / Linux."

Terlepas dari apakah nama tersebut diberikan sebagai " deepin " atau " Deepin Linux," distro ini menawarkan pengguna yang sudah terbiasa dengan tema-tema yang modern. Hal ini mudah digunakan dan dilengkapi dengan perangkat lunak berkualitas tinggi yang dikembangkan di rumah.

Berikut ini adalah ulasan yang kami rangkum dari seorang pengamat dari laman technewsworld mengenai Deepin OS :

Tampilan Desktop

Desktop Deepin ditawarkan dalam berbagai macam desktop Linux yang populer, tetapi pengalaman pengguna terbaik ditemukan di distro ini. 
Distro lain yang menjalankan Deepin Desktop kehilangan banyak integrasi unik yang Anda dapatkan di Deepin Linux. DDE di tempat lain biasanya tidak memiliki banyak pengoptimalan dan perangkat lunak khusus yang dioptimalkan tersedia melalui the Deepin software store.
Seringkali, Anda mendapatkan versi perangkat lunak yang disediakan oleh distro yang Anda jalankan. Distro Linux yang menawarkan Deepin Desktop adalah Archlinux, Manjaro, Ubuntu, Gentoo, Fedora, Puppy Linux, SparkyLinux, Antergos, Pardus dan openSuse.

Fitur Dan Design

Deepin Linux 15.8 adalah pemain yang solid. Para pengembang belum menyediakan dukungan bahasa untuk banyak bahasa. Batasan ini membuat hanya beberapa kalangan saja yang bisa menggunakan distro ini.

Di tahun-tahun awal Deepin, satu-satunya bahasa yang tersedia adalah bahasa Cina dan beberapa dialek terkait ditambah bahasa Inggris. Rilis terbaru ini telah memperluas daftar itu menjadi lebih banyak.

Dalam versi bahasa Inggris, sangat menjengkelkan untuk melihat kata-kata dan frasa berbahasa Mandarin di beberapa tampilan sistem dan katalog Software Store. Pengamat berasumsi masalah itu mungkin ada dalam rilis bahasa lain dari Deepin juga.

Deepin mudah dioperasikan. Namun, jika Anda tidak terbiasa dengan sebagian besar hal Linux, lakukan yang besar untuk diri sendiri dan pertama-tama pelajari Panduan Deepin yang telah disertakan dengan aplikasi yang telah terinstal.

Jika keamanan mengkhawatirkan Anda, terutama ketika menggunakan sistem operasi dari pengembang asing, gunakan fitur enkripsi disk lengkap yang sekarang tersedia dengan rilis ini.

Demikian lah ulasan mengenai release terbaru dari Deepin OS, semoga bisa menjadi panduan bagi yang ingin mencoba menggunakan Deepin OS ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...