19 Desember 2018

Saatnya beralih ke USB Type C, begini kehebatannya


Perkembangan teknologi di industri seluler semakin cepat, diantara nya pada perkembangan port usb. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai teknologi usb type-C yang sudah marak dipakai pada smartphone keluaran terbaru.

USB Type-C, atau USB-C adalah protokol baru untuk keperluan transfer file atau pengisian daya baterai. USB Type-C mempunyai spesifikasi USB untuk sebuah konektor dimana mempunyai 24-pin dan bisa dibolak-balik untuk penggunaannya. USB-C versi 1.0 pertama kali ditunjukkan oleh USB Implementers Forum dan rampung pada bulan Agustus 2014 lalu.

Fleksibel dan tidak repot

USB-C pada dasarnya terlihat pada bentuknya yang pipih. Jika Anda menggunakan ponsel Android, misalnya, bentuk port standar sebelumnya adalah USB-B dan yang ada di komputer Anda disebut USB-A. Sedangkan pada Port milik Apple meskipun memiliki bentuk yang hampir mirip namun itu berbeda dengan USB-C.

USB-C dapat dibalik, yang berarti bahwa tidak seperti konektor Micro-USB yang Anda gunakan pada ponsel terakhir Anda (bentuk USB-B), Anda dapat tetap menggunakan kabel USB-C dengan cara apa pun; kedua sisi nya sama. Anda tak perlu lagi meraba atau melihat terlebih dahulu posisinya ketika Anda kesulitan memasukkannya.

Fitur

Pada USB-C juga mendukung standar USB 3.1 artinya selain mengisi daya ponsel Anda, dengan USB 3.1 akan dengan cepat melakukan transfer data dan video melalui kabel. USB-C ini memiliki kecepatan 20 kali lipat disbanding pendahulu nya yaitu mencapai 10GB/s. Namun untuk mencapai kecepatan tersebut kedua perangkat yang aka bertukar data sama-sama menggunakan USB 3.1.

Selain mempunyai kecepatan data transfer yang tinggi, dengan USB-C ini Anda bisa melakukan charging dengan cepat atau fast charging. Karena USB-C memiliki kemampuan transfer daya sebesar 20 volt dengan arus 5 ampere, kira-kira dengan menggunakan usb-c ini hanya butuh waktu  1,5 jam saja untuk pengisian baterai.


Ketika anda mulai menggunakan perangkat dengan USB-C harap perhatikan poin berikut :
  • Bawa beberapa kabel yang cukup untuk dipakai di rumah atau kantor
  • Periksa ponsel anda apakah sudah mendukung USB 3.1
  • Pastikan anda hanya beli kabel dengan logo USB diatasnya karena itu lebih terjamin aman dan handal
  • Pastikan anda memiliki adaptor penghubung missal untuk menghubungkan laptop dan telepon

Apakah anda siap untuk beralih menggunakan USB-C?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

loading...