22 Februari 2019

Pengguna whatsapp kini bisa menerima atau tolak masuk grup

Kabar bagus nih buat kamu yang suka kesel kalo tiba-tiba dimasukkan ke group WA ga jelas tanpa seizin kamu. Hal ini tentu saja sangat menjengkelkan dan mengganggu sekali.

Kabarnya WhatsApp sudah menanggapi keluhan-keluhan tersebut. Soalnya, developer aplikasi tersebut sedang memulai mendevelop sistem baru yang dapat membatasi pengguna dimasukkan ke dalam grup percakapan tanpa sepengetahuan si pengguna.

Seperti yang diberitakan dari WABetaInfo, Kamis (14/2/2019), fitur ini nantinya akan membatasi undangan-undangan untuk masuk ke dalam grup percakapan.

Fitur yang bernama “Group Invitation” atau Undangan Grup ini mulanya hanya akan hadir untuk pengguna WhatsApp bisnis saja. Namun kemudian akan dikembangkan untuk seluruh pengguna.

Fitur tersebut saat ini masih dalam tahap uji coba. Dan untuk sementara waktu, fitur ini baru akan disebarkan untuk pengguna yang terdaftar dalam iOS beta program saja.

Fitur ini nantinya akan dapat diaktifkan melalui menu pengaturan privasi pengguna. Di mana pengguna nantinya akan mendapatkan tiga opsi untuk menentukan siapa saja yang bisa mengundang pemilik nomor untuk bergabung dalam grup percakapan.
sumber : wabetainfo

Opsi Everyone

Opsi pertama adalah “Everyone”. Jika pengguna memilih opsi ini, maka siapa pun akan tetap bisa memasukkan nomor milik pengguna ke grup percakapan, meskipun tidak dikenal dan tanpa izin.

Artinya, jika pengguna memilih opsi ini, maka privasi yang dimiliki masih akan tetap terganggu.

Opsi My Contact

Opsi “My Contact”, hanya orang-orang yang berada dalam daftar kontak saja yang bisa memasukkan nomor milik pengguna ke dalam sebuah grup.

Meski pengguna lain yang nomornya tidak tercatat dalam daftar kontak masih bisa mengundang pemilik nomor untuk masuk dalam grup, namun nantinya akan muncul sebuah notifikasi, di mana pemilik nomor bisa menentukan apakah ia ingin masuk ke dalam grup tersebut atau tidak.

Opsi Nobody

Opsi “Nobody” ini memungkinkan pengguna untuk menyaring semua undangan grup, baik dari nomor yang terdaftar dalam kontak maupun nomor yang tidak dikenal.

Melalui opsi ini, ketika pemilik nomor diundang untuk masuk ke dalam grup, maka akan muncul notifikasi yang meminta mereka memilih apakah akan masuk ke grup percakapan atau tidak.

2 komentar: