4 Maret 2019

Tips mempercepat kinerja windows 10 di pc kamu

Sebenarnya dengan pengaturan default atau bawaan dari windows 10 itu sendiri sudah memberikan performa yang bagus dan efisien. Namun, kita juga bisa melakukan beberapa trik untuk mempercepat kinerja dari Windows 10 dan meningkatkan performa nya. Nah, di artikel kali ini akan dibahas beberapa opsi untuk mempercepat komputer Windows 10 kamu, dan membantu mengurangi atau menghilangkan potensi kesalahan.

Mematikan fitur Shadow dan Visual Effect tampilan
Wiindows 10 sendiri memiliki fitur berupa tampilan yang sudah sangat bagus dan menarik seperti pada tampilan jendela program, teks, ikon dan beberapa tampilan area lainnya. Namun meskipun demikian, efek dari tampilan tersebut membutuhkan sumber daya yang cukup besar sehingga dapat menyebabkan Windows berjalan lebih lambat.
Untuk mematikan fitur yang menguras ini, kamu bisa ikuti langkah berikut:

  1. Tekan tombol windows, kemudian ketikkan sysdm.cpl dan klik hasil pencarian.
  2. Akan muncul jendela System Properties, kemudian pilih tab Advanced.
  3. Pada tab Advanced, klik Settings pada bagian Performance.
  4. Pada jendela Performance Options dan tab Visual Effects, Pilih Adjust for best performance.

    Namun kamu juga bisa memilih custom, dan sesuaikan dengan kebutuhan yang kamu perlukan.
Atur Power windows
Penggunaan baterai pada komputer biasanya sudah di seting secara default oleh Windows biasanya membuat lambat kinerja komputer. Jika kamu punya laptop atau pc yang terhubung dengan adapter, kamu bisa melakukan seting penggunaan daya seperti berikut untuk meningkatkan kinerja dari windows.
  1. Buka control panel.
  2. Cari dan klik Power Option.
  3. Pada jendela Power Option, pilih High Performance lalu close.
Kamu bisa melakukan penyesuaian setingan dengan klik Change plan settings.
Menjalankan Windows System Maintenance
Windows 10 sendiri memiliki utilitas untuk melakukan maintenance yang dapat membantu menemukan dan memperbaiki masalah pada sistem operasi. Fungsi ini juga bisa mengidentifikasi dan menjalankan proses yang dapat membantu meningkatkan kinerja komputer.
Langkah-langkah menjalankan windows system maintenance:
  1. Pada search windows, ketikkan system maintenance kemudian tekan enter.
  2. Pada jendela Security and Maintenance, klik tombol Troubleshooting.
  3. Pada jendela Trobleshooting, dibawah bagian System and security, klik Run Maintenance tasks.
  4. Klik tombol Next untuk menjalankan Troubleshooter, jika muncul pop up jalankan menggunakan Administrator pilik Yes. 

  5. Jika ditemukan error atau issue atau ada saran yang disediakan, ikuti langkah-langkah untuk memperbaiki error/issue dan terapkan saran tersebut.
Membersihkan registry windows
Registri Windows menyimpan banyak informasi tentang sistem operasi, perangkat lunak, dan file. Jika ada informasi yang buruk, shortcut yang salah ke program, atau masalah lain, ini dapat menyebabkan komputer berjalan lambat. Masalah dalam registri juga dapat menyebabkan error, termasuk blue screen.
Memperbaiki masalah dalam registri dapat membantu mempercepat komputer, memungkinkannya berjalan lebih efisien, dan menghilangkan kesalahan. Registri sangat kompleks dan bukan sesuatu yang ingin kanuperbaiki secara manual, karena dapat menyebabkan masalah yang lebih buruk. Menggunakan pembersih registri adalah opsi yang lebih baik. Ada beberapa pembersih registri yang kami rekomendasikan diantaranya CCleaner, Easy Cleaner, Glary Utilities dan lainnya.

Nah itulah beberapa cara untuk setidaknya membuat komputer atau laptop kamu menjadi lemot. Mungkin ada cara lain yang bisa membuat kinerja komputer atau laptop kamu lebih baik lagi. Selamat mencoba.

1 komentar:

  1. AJOQQ agen jud! poker online terpecaya dan teraman di indonesia :)
    gampang menangnya dan banyak bonusnya :)
    ayo segera bergabung bersama kami hanya di AJOQQ :)

    BalasHapus

loading...